PELATIHAN OBSERVASI PENELUSURAN POTENSI DIRI

Sebagai bagian dari rangkaian kegiatan Kado untuk ulang tahun Mbah Nun ke-71, Rumah Salam Salim akan menggelar workshop atau pelatihan bertajuk “Observasi Penelusuran Potensi Diri” yang kali ini ditujukan khusus untuk teman-teman putri usia di atas 16 tahun.

Acara akan diselenggarakan pada Minggu pagi 21 April 2024 pukul 09.00 sampai selesai. Narasumber yang akan menyampaikan materi adalah M. Riyadi Prasetyo (Penyusun buku Observasi Self Memory System) dengan didampingi Tim PPD SALAM (Penelusuran Potensi Diri) bertempat di Rumah Salam Salim Beji 6/9 Sidoarum Godean Sleman Yogyakarta. 

Acara terbuka untuk umum (putri) dan gratis. Gambaran acara kurang lebih: materi pengantar, mengerjakan soal, jawaban ditulis di lembar jawab, selesai dikumpulkan, materi penutup, dan hasil analisis akan dilakukan beberapa waktu setelah hari pelaksanaan.

Dalam pendekatan “Tata Pendidikan Fitrah” kegiatan manusia ada tiga hal besar yaitu:  (1). Kewajiban, adalah semua hal yg merupakan pemenuhan kebutuhan fisik, mental dan spiritual. (2). Keahlian, yaitu satu atau beberapa keahlian yang dianugerahkan oleh Tuhan kepada tiap tiap kita. (3). Kejuangan, adalah sikap perilaku juang pada setiap kita, sendiri atau dengan banyak orang. 

Tuhan itu Maha Pemurah. Apalagi dalam hal ilmu. Dunia ini (termasuk diri kita beserta isi tubuh kita) adalah perpustakaan untuk kita perhatikan, kita baca, kita teliti, kita olah dan kita manfaatkan.

Tuhan memberikan tanda-tanda kekuasaan-Nya, pun dalam diri kita, itulah yang akan kita baca. Jadi acara ini, lebih fokus kepada fitrah diri di poin nomor 2 yaitu membaca keahlian diri kita. Bagaimana caranya? Melalui penelusuran, menyelami, niteni, masuk kepada diri kita sendiri. Kita sebut metode ini sebagai “Self Memory System.”

Lihat juga

Back to top button