Pertanian Desa Mandiri

Sektor pertanian merupakan salah satu sektor penting untuk menjaga kedaulatan pangan suatu bangsa. Kenyataannya selama ini pertanian merupakan sektor yang dianggap sebelah mata dalam perkembangannya. Dibuktikan dengan banyaknya masalah yang selama ini dialami oleh para petani. Petani dibuat semakin tidak berdaulat dan selalu menjadi korban oleh sistem yang berkembang saat ini. Petani tidak punya daya tawar terhadap produk pertanian yang dihasilkan. Faktor utamanya adalah petani dibuat tergantung terhadap agroinput. Dampaknya pertanian semakin lama menjadi sektor yang tidak menarik bagi generasi muda. Urbanisasi yang semakin meningkat menyebabkan berkurangnya tenaga kerja dan otomatis menghambat regenarasi disektor ini.

Cara merubah sektor pertanian menjadi lebih menarik adalah dengan perubahan sistem yang menyeluruh. Caranya dengan pembuatan agroinput secara mandiri di masing-masing desa. Mengembangkan pendidikan pertanian sedini mungkin kepada anak-anak agar mereka mencintai pertanian. Serta menumbuhkan kesadaran bahwa pertanian memiliki masa depan yang cerah apabila dikelola dengan bagus. Oleh sebab itu perlu adanya inovasi terus menerus dan forum yang bisa menjadi tempat berbagi ilmu dan pengalaman mengenai perkembangan pertanian secara mutakhir.

Dengan penuh rasa syukur, Jamaah Maiyah Lumajang (Mentari Fajar, Jonggring Saloko) mengadakan acara “Shodaqoh Maiyah Tani Lumajang” (Terus Berjalan Sinau Bareng, Nandur Apik Panen Apik) dalam rangka Milad Mbah Nun 71th.

Lihat juga

Back to top button